10.27.2010

Find Your Voice!! (menemukan hakiki kebahagiaan dalam hidup gw)

Gw abis baca sebuah buku nih...
dan gw tertarik sama sebuah kalimat dalam Bab 1-nya.
Find your inner voice and then inspire others to find theirs”
Banyak sii kalimat-kalimat yg sebenernya gak kalah menarik dalam Bab 1-nya (ini baru Bab 1 man!!), tapi pada akhirnya gw memutuskan untuk memilih kalimat tadi sebagai kalimat yg paling inspiratif buat gw. Saat gw baca beberapa paragraf awal sih yg ada gw ngutuk ni penulis (sorry for YW, bukan maksud gw g ngehargain buku pinjeman lo), secara sbg awalan dia membahas mengenai liburan dirinya sekeluarga di New Zealand, bikin sirik! (mengingat gw naik pesawat aja gak pernah). Tapi pada sepertiga awalan akhirnya gw sadar,
Oh ternyata Si Bapak Suka Pamer ini cuman mau ngasih gambaran untuk memberikan contoh dari perjalanan hidup”
...selanjutnya gue mulai ngebatin,
Sambel! Akhirnya gw tau kenapa Si bapak ybs ngasi gambaran beginian (baca: pamer perjalanan ke NZ), ternyata itu salah satu upayanya utk mentransfer of knowledge pada insan macam saya, yg otaknya berproses setaraf kalkulator batere sebelah.”

Balik ke fokus awal! (Gw kalo gak mengingatkan diri suka kemana-mana gini)
Find your inner voice and then inspire others to find theirs”
Awalnya gw juga agak kesusahan sih menerjemahkannya dalam bahasa gw sendiri, tapi lama-lama loading otak gw mayan cepet juga. Oke!
Jadi...
Yang dimaksud dengan “your inner voice” adalah makna dan nilai hidup kita sendiri.
Gak spesial-spesial banget ya penjelasan gw??
Oke!! I'll try to explain on my way...

Bisa nggak lo hidup tanpa arah?
Bisa nggak lo menjalani segala sesuatu dg serba mendadak dan kemudian semuanya selalu berakhir dengan baik-baik saja dan bahkan membuahkan hasil yg luar biasa?
Bisa nggak lo membenahi tatanan rambut orang lain tapi lo sendiri nggak pernah tau seperti apa itu bentuknya rambut yg rapih dan mempesona, atau bahkan lo sendiri asing sama benda yang bernama “rambut”?
Bisa gak sih lo menjelaskan mengenai matematik sementara lo untuk menghafal urutan antara 1 sampe dengan 10 aja kadang harus ngintip buku petunjuk?
Dan,..
Bisa gak lo menjelaskan pada orang lain bahwa hidup itu indah, sedangkan lo sendiri belum menemukan dimana hakiki keindahan hidup lo sendiri?”

Sekiranya gitu sih pertanyaan yg harus dipahami utk ditemukan jawabannya. Dan gw mulai merenungi pelan-pelan. Dimana hakiki nilai keindahan hidup milik gw sendiri. At the momment gw langsung merasa jadi orang yg paling mengenaskan sedunia. Gw merasa terlalu ceroboh melewatkan moment-moment indah dalam hidup gw untuk memaknai makna hidup gw sendiri. How come gw ngelewatin masa kelulusan SMA gw tanpa coret-coret seragam a la lulusan alay SMA dan menemukan rasa yg sekarang gak gw pahami setelah gw melewatkan moment super norak itu. Moment super duper norak yg sampe sekarang gw sesalin ketidak-terlibatan gw dalam hal itu. Iya donk! Gimana gw bisa mencicipi euforia sesaat yg cuman bisa sekali seumur hidup utk dinikmati?? Kan jadinya gw gak dapet nilai yg gw susun sendiri utk hal macem itu.

Adalagi nih, saat dimana gw gak bisa melewatkan moment wisuda gw dengan ngikut temen-temen gw aksi lempar topi item berbidang segi lima sebagai top-nya. Asli nyinyir banget pas ngeliat foto temen-temen angkatan wisuda (gw lulus mayan cepet man!!) gw, di tag ke Facebook gw (sorry, gw masi belum ingin beranjak make twitter). Apalagi pas setelah gw nonton film-nya “3 idiots” asli ngenes banget ati gw. Gw merasa terlalu banyak melewatkan event-event kecil yg bisa memperkaya makna kebahagiaan dalam hidup gw.

Sebenernya kebahagiaan gw bukan melulu ada pada persoalan hura-hura merayakan something, cuman selama ini gw merasa telah melewatkan banyak sekali moment yg harus gw maknai sebagai suatu nilai kebahagiaan. Misal nih, pas gw bisa jadi suatu sosok yg dipercaya oleh beberapa temen utk tempat Sharing, harusnya saat itu gw lebih menilai sisi baiknya, that's mean “mereka milih gw sbg tempat sharing karena bagi mereka gw adalah pendengar yg baik dan partner sharing yg menyenangkan, intinya mereka percayain sepenuhnya keutuhan kisah mereka ke gw”
Harusnya gw bisa melihat dari lantai yg berbeda (kalo pake istilah “sudut pandang” gw bosen). Dan sekarang (setelah baca buku si bapak yg terlihat suka pamer tadi) gw ngerasa mulai perlu menggali dan menemukan, dimana hakikat nilai kebahagiaan dalam hidup gw sendiri, untuk diri dan kehidupan gw sendiri, juga untuk orang-orang yg gw cintai. Logikanya kan gw ga bisa nolong orang lain yg dateng ke gw (dengan suatu persoalan) kalo gw-nya sendiri aja belum ngerti dimana nilai-nilai hidup gw sendiri tertanam.

Nice!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar